MENGURAIKAN KONSEP DASAR PENGERTIAN PERBEDAAN MSDM INTERNASIONAL DAN DOMESTIK SERTA STRATEGI VIEW OF IHRM
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sumber
daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu
perusahaan di samping faktor lain seperti modal, teknologi sebab, manusia itu
sendiri yang mengendalikan yang lain. Manusia memilih teknologi, manusia mencari
modal, manusia yang menggunakan dan memeliharanya, disamping manusia dapat
menjadi salah satu sumber keunggulan bersaing yang langgeng. Oleh karena itu
pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi menjadi suatu hal yang sangat
penting.
Pengelolaan
sumber daya manusia dalam organisasi
menjadi suatu bidang manajemen khusus yaitu manajemen sumber daya
manusia. Oleh karena itu SDM harus di kelola dengan baik untuk meningkatkan
efektivitas dan efisiensi organisasi, salah satu fungsi dalam perusahaan. Dalam mengelola sumber daya
manusia terdapat tantangan yang harus dihadapi perusahaan seperti perubahan
lingkungan bisnis, lingkungan kerja perbedaan individu perbedaan teknologi dan
lainnya. Perusahaan harus melakukan pengembangan sumber daya manusia secara
proaktif sehingga tidak terjadi keusangan kemampuan pegawai sehingga dapat
maksimal.
Tujuan
dari manajemen sumber daya manusia adalah meningkatkan produktivitas,
loyalitas, kepuasan kerja, dan motivasi kerja yang baik dari pegawai. Untuk itu
harus dilakukan peninggkatan kualitas kehidupan kerja melalui perubahaan
struktur kerja,penciptaan komunikasi yang baik, penciptaan disiplin kerja,
penanggulangan stress kerja, bimbingan dan penyuluhan, keselamatan dan
kesehatan kerja.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Konsep
Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia
1.1 Pengertian
Manajemen Sumber Daya Manusia
Menurut Marihot Tua
(2002) SDM dengan keseluruhan penentuan dan pelaksanaan
berbagai aktivitas, policy, dan program yang bertujuan untuk mendapatkan tenaga
kerja, pengemangan, dan pemeliharaan dalam usaha meningkatkan dukungannya
terhadap peningkatan efektiviatas organisasi dengan cara yang etis dan social
dapat dipertanggungjawabkan. Aktivitas berarti melakukan berbagai kegiatan
misalnya melakukan perencanaan,pengorganisasian, pengarahan, analisis jabatan,
rekrutmen, seleksi, orientasi, motivasi dan lain-lain. Menetukan bebagai policy
sebagai arah dan tindakan seperti lebih mengutamakan sumber dari dalam untuk
mengisi jabatan yang kosong. Memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk
mengisi jabatan dan lain-lain, dan program seperti melakukan program latihan
dalam aspek metode yang dilakukan, orang yang terlibat, dan lain-lain. Secara
etis dan social dapat dipertanggungjawakan artinya semua aktivitas dilakukan
dengan tidak bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat yang berlaku.
Sementara itu, Schuler,
Dowling, Smart dan Huber (1992:16) mengartikan MSDM dalam
rumusan seperti berikut ini: Human
Resource Management (HRM) is the recognition of the importance of an
organization's workforce as vital human resources contributing to the goals of
the organization, and the utilisation of several functions and activities to
ensure that they are used effectively and fairly for the benefit of the
individual, the organization, and society.
Dimana
pernyataan tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut:
Manajemen
Sutnber Daya Manusia/MSDM merupakan pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja
organisasi sebagai sumber daya manusia yang sangat penting dalam memberi
kontribusi bagi tujuan-tujuan organisasi, dan penggunaan beberapa fungsi dan
kegiatan untuk memastikan bahwa SDM tersebut digunakan secara efektif dan adil
bagi kepentingan individu, organisasi dan masyarakat.
1.2 Pengertian Manajemen Sumber Daya
Manusia Internasional
IHRM yang didefinisikan secara lebih luas adalah tentang memahami,
meneliti, menerapkan dan merevisi semua aktivitas sumber daya manusia dalam
konteks internal dan eksternal karena berdampak pada proses pengelolaan sumber daya
manusia di perusahaan-perusahaan di seluruh lingkungan global untuk
meningkatkan pengalaman banyak pemangku kepentingan, termasuk investor,
pelanggan, karyawan, mitra, pemasok, lingkungan dan masyarakat.
2.
Perbedaan
MSDM Domestik dan MSDM Internasional
Perbedaan antara HRM Internasional dan dalam negeri:
a. Bertanggung jawab atas sejumlah besar kegiatan, seperti
pengelolaan penerima internasional yang mencakup hal-hal seperti pajak dan visa
kerja asing dan bantuan rinci untuk relokasi keluarga ke tempat-tempat asing
b. Harus memperluas bidang keahliannya untuk memasukkan
perspektif yang lebih luas, termasuk pengetahuan tentang negara-negara asing
dan undang-undang ketenagakerjaan mereka
c. Harus terlibat lebih jauh dari
pada yang diperlukan dalam situasi domestik murni dengan
kehidupan karyawan (dan keluarga mereka) saat perusahaan memindahkan karyawan
dari satu negara ke negara
d. Terlibat dengan perpaduan karyawan yang sangat diperluas
dan terus berubah, menambah kerumitan tugas manajemen IHR
e. Harus mengatasi pengaruh eksternal yang lebih banyak,
seperti harus berurusan dengan isu-isu yang berasal dari berbagai budaya dan negara;
dan, sebagai akibatnya
f. Penyebaran geografis dan multikulturalisme yang dihadapi
dunia internasional menambahkan kebutuhan akan kompetensi dan kepekaan yang
tidak ditemukan di perusahaan domestik. Sikap pribadi dan profesional dan
perspektif manajer IHR harus diperluas untuk menangani banyak negara dan budaya
yang dihadapi di arena internasional, keduanya mengelola tanggung jawab IHR mereka dan
berkontribusi pada strategi bisnis internasional yang sukses melalui perusahaan
mereka - di luar yang harus dikembangkan oleh manajer SDM domestik.
Manajer SDM yang khas tidak memiliki kontak atau jaringan
yang perlu dipelajari dan menangani tanggung jawab internasional yang baru. Dia
biasanya tidak memiliki pengalaman dengan protokol bisnis dan sosial yang
diperlukan untuk berinteraksi dengan rekan asing atau dengan bentuk struktur
organisasi yang digunakan untuk mengejar strategi internasional (seperti usaha
patungan atau akuisisi lintas batas). Dan literatur dan seminar pelatihan yang
masih relatif terbatas dan seminar dan pelatihan yang tersedia untuk umum
membuat lebih sulit untuk mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengelola
fungsi IHRM dengan sukses.
Bab selanjutnya berfokus pada isu-isu SDM yang dihadapi
perusahaan ketika operasi internasional mereka mulai dari aktivitas ekspor
dasar menjadi perusahaan global dengan berbagai aktivitas dan aliansi di
seluruh dunia. Jumlah aktivitas internasional (sebagai persentase pendapatan
perusahaan) dan pengalaman serta sifat industri di mana perusahaan terlibat
semua dapat memengaruhi sifat dari masalah organisasi yang dihadapi oleh MNE.
3.
Strategi
View of IHRM
Dalam dunia ideal, sebuah perusahaan yang melakukan bisnis internasional
akan secara aktif terlibat dalam perencanaan strategis dan manajemen strategis.
Perusahaan akan secara teratur melakukan analisis atau pemindaian lingkungan
(ancaman dan peluang eksternal dan kekuatan dan kelemahan organisasinya) dan
dari analisis tersebut dikembangkan strategi globalnya yang kemudian diterapkan
untuk kesuksesan global. Masih dalam dunia ideal ini, semua komponen perusahaan
akan diintegrasikan secara erat ke dalam perencanaan tersebut dan akan dilibatkan
dengan perencanaan strategi serupa di dalam area tanggung jawab mereka .
Manajemen strategis, pada umumnya, adalah serangkaian langkah kompetitif
dan pendekatan bisnis yang manajer gunakan dalam menjalankan perusahaan dan
yang berasal dari visi dan tujuan perusahaan. Dalam menyusun strategi,
manajemen mengatakan bahwa "di antara semua jalur dan tindakan yang dapat
kita pilih, kita telah memutuskan untuk melangkah ke arah ini dan bergantung
pada cara-cara tertentu dalam berbisnis."
Sebuah strategi menandakan komitmen sebuah organisasi
terhadap pasar spesifik. , pendekatan kompetitif, dan cara operasi.
Strategi perusahaan adalah "rencana permainan" yang dimiliki
manajemen untuk memposisikan perusahaan di arena pasar yang dipilihnya, untuk
menginvestasikan uang dan orang-orang dalam pengembangan kemampuan bisnis
tertentu, untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, untuk
menyenangkan pelanggannya, dan, dengan demikian , untuk mencapai kinerja bisnis
yang superior. Strategi ini dikembangkan dengan dua cara:
a.
secara
proaktif, sebagai rencana berwawasan ke depan untuk menghadapi kekuatan pasar
yang diantisipasi.
b.
secara reaktif, sebagai respons terhadap apa
yang sedang dialami perusahaan di pasar. Dalam kebanyakan perusahaan, strategi
yang dikembangkan berasal dari gabungan kekuatan-kekuatan ini
Eksekutif senior merancang strategi spesifik untuk organisasi mereka karena
dua kebutuhan yang sangat mendesak. Salah satunya adalah kebutuhan untuk secara
aktif membentuk bagaimana bisnis perusahaan mereka akan dilakukan. Kebutuhan
kedua adalah membuat keputusan independen dan tindakan yang diprakarsai oleh
departemen, manajer, dan karyawan di seluruh perusahaan menjadi rencana
permainan yang terkoordinasi dan menyeluruh perusahaan. Kedua motif tersebut
menjadi semakin kompleks dalam lingkungan bisnis global saat ini. Namun
Di antara semua hal yang dilakukan manajer, tidak ada yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan akhir perusahaan secara lebih mendasar daripada seberapa baik tim manajemennya. strategi yang baik dan pelaksanaan strategi yang baik adalah tanda-tanda manajemen yang paling dapat dipercaya
Di antara semua hal yang dilakukan manajer, tidak ada yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan akhir perusahaan secara lebih mendasar daripada seberapa baik tim manajemennya. strategi yang baik dan pelaksanaan strategi yang baik adalah tanda-tanda manajemen yang paling dapat dipercaya
Dalam hal SDM, banyak masalah yang sama
muncul - walaupun dengan cara yang jauh lebih kompleks - ketika sebuah
perencanaan strategis sebuah perusahaan "berjalan internasional"
seperti ketika perencanaan strategisnya hanya terkait dengan masalah domestik.
Ketika manajemen mulai mengembangkan dan menerapkan rencana strategis global,
mereka juga mulai memperhatikan masalah sumber daya manusia global.
Bagian selanjutnya adalah memperkenalkan
evolusi strategi bisnis internasional. Sisa dari bab ini adalah tentang
pengelolaan sumber daya manusia internasional yang strategis (SIHRM), yang pada
tingkat besar mengkhawatirkan menciptakan dan menerapkan praktik sumber daya
manusia (SDM) yang membantu mencapai visi dan sasaran internasional, yaitu
strategi internasionalnya. Ini juga melibatkan manajemen strategis dari fungsi
IHR dan departemen itu sendiri.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kompetisi
global dalam dunia bisnis bagi perusahaan yang memiliki jaringan internasional
sangat berpengaruh terhadap kebutuhan akan kualitas SDM dan upaya perusahaan
dalam menentukan strategi apa yang tepat digunakan untuk menghadapi pesaingnya.
SDM (expatriate) yang berkualitas ialah yang memiliki komitmen, siap bersaing
menghadapi tantangan, memiliki kompetensi tinggi di bidangnya serta cepat beradaptasi.
Perusahaan-perusahaan besar yang menugaskan pekerjanya ke Negara lain tempat
perusahaan beroperasi, harus tahu bahwa pekerja/karyawannya yang berkinerja
baik di negaranya dapat berubah menjadi berkinerja buruk di Negara lain. Untuk
menyikapi hal tersebut perusahaan harus memiliki rencana dan pemilihan strategi
yang tepat. Strategi-strategi dimaksud dilakukan melalui berbagai kegiatan,
yaitu: perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengaturan dan pengelolaan staf,
pemberian orientasi atau pembekalan, pelatihan dan pengembangan serta pemberian
kompensasi dan imbalan. Dalam merencanakan calon expatriate diperlukan analisis
tenaga kerja eksternal yang diperlukan untuk mengetahui kebutuhan tenaga kerja
yang berhubungan dengan ketrampilan dan keahlian.
DAFTAR PUSTAKA
Tua
Efendi Hariandja. 2002. Marihot,
Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
(online)
Marnis
Priyono. 2008. Manajemen Sumber Daya
Manusia. Sidoarjo : Zifatama Publisher.
Briscoe
R. Dennis and Schuler S. Randall. 2004. International
Human Resource Management. London and New York : Routledge Taylor &
Francis Group.
Yuliastuti, Nunung. Manajemen Sumber Daya Manusia Inter
MGM Grand Hotel and Casino - Mapyro
ReplyDeleteFind MGM 경산 출장샵 Grand Hotel and 상주 출장마사지 Casino locations, rates, 평택 출장마사지 amenities: expert Las Vegas research, only at Hotel and Travel Index. Realtime 군산 출장안마 driving directions to 구미 출장샵 MGM Grand